Kewirausahaan bagi Warga Pesisir

Kamis, 28 November 2013 11:53:07 - Posting by redaksi - 863 views

  P e n y e l e n g g a r a a n Program Kewirausahaan bagi masyarakat pesisir pulau ini dapat memperluas dan mengembangkan model kewirausahaan melalui pendidikan kewirausahaan masyarakat sesuai kebutuhan masyarakat, potensi wilayah, dan peluang usaha yang ada.

Selain itu juga mampu mensinergikan program penanganan pengangguran melalui kewirausahaan di daerah pesisir pulau yang dilaksanakan secara lintas sektoral agar terjadi kesinambungan dan saling komplementer, sehingga menghasilkan wirausahawan baru yang mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi dirinya dan orang lain serta dapat menggerakkan perekonomian di daerah.

Penyelenggaraan program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat Pesisir Pulau melalui kursus dan pelatihan dapat menjamin penggunaan kurikulum yang sesuai dengan potensi lokal, penggunaan s t rategi pembelajaran yang unik, serta mampu memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di lembaga termanfaatkan sebagai media pembelajaran. Semua proses penyelenggaraan tersebut terdokumenkan, baik dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk lain (audio/video).

Program Pembelajaran pada Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat Pesisir Pulau berupa keterampilan yang berada disekitar lokasi pembelajaran meliputi Penangkapan, Budidaya Perikanan, Pengolahan Hasil Perikanan, Kapal Ikan dan Permesinan serta diperkuat dengan materi kewirausahaan.

Ke t e r ampi l an y ang diselenggarakan dalam program Kewirausahaan Masyarakat Pesisir Pulau adalah jenis keterampilan produksi atau jasa yang laku-jual (marketable) sehingga memiliki nilai tambah (valueadded) untuk dijadikan bidang usaha yang prospektif.

Lembaga penyelenggara program Kewirausahaan Masyarakat Pesisir Pulau haruslah mempunyai dan mempelajari data dasar lokasi percontohan yang ada di sekitarnya. Data dasar menyangkut keseluruhan aspek demografis desa/kecamatan termasuk permasalahan dan sumber daya pembangunan dalam bidang kursus dan pelatihan. Menganalisi pe luang us aha untuk mencari dan mengumpulkan berbagai jenis sumber daya yang dianggap potensi dan mempunyai peluang pasar yang menjanjikan dengan mempertimbangkan letak lokasi pengembangan usaha, biaya, sumberdaya manusia yang tersedia, kebutuhan akan produksi yang dihasilkan, serta keuntungan yang akan dicapai.

Data tersebut antara lain berkenaan dengan; (1) Jumlah penduduk menurut usia, pekerjaan, tingkat pendidikan, jenis kelamin, dan lain-lain; (2) Jenis pekerjaan yang dilakukan oleh masyarakat; (3) Data usaha usaha yang banyak dilakukan; (4) Data pengangguran pada usia produktif; (5) Data pendidikan masyarakat sesuai dengan tingkatan pendidikan tidak sekolah/ putus dan atau tidak melanjutkan; (6) Panti dan kelompok belajar, termasuk sarana belajar, dana, ragi, dan hasil belajar;

Materi Kurikulum dan Bahan Ajar keterampilan p r o g r am p e n d i d i k a n kewirausahaan diantaranya berisi: (a) Membangun pola pikir kewirausahaan; (b) Manajemen usaha (Mencari peluang usaha, Tata cara merintis usaha kecil, Administrasi usaha, Pemasaran, Pengelolaan keuangan, Strategi persaingan, Jaringan kerja); (c) Keterampilan (vokasi), yakni satu keterampilan yang akan dirintis oleh peserta didik sebagai usaha kecil; (d) Membangun dan meningkatkan sikap dan perilaku wirausaha.

P e n y e l e n g g a r a a n percontohan program Kewirausahaan Masyarakat Pesisir Pulau dapat bersumber da r i : ( a ) Juml ah da n pemanfaatan dana sesuai dengan pedoman; (b) Sumber dana tidak mengandalkan secara penuh bantuan stimulan dari pemerintah melalui APBN atau APBD. Dana juga bersumber dari instansi terkait yang tidak mengikat atau sumber usaha yang dihasilkan lembaga penyelenggara; (c) Bantuan tidak mengikat, di antaranya dari perusahaan dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR).(*) sumber; kemdikbud (diolah)

Tags #bagi #kewirausahaan #pesisir #warga