Program Percontohan PKP

Rabu, 20 November 2013 13:14:17 - Posting by redaksi - 781 views

 

 


Percontohan adalah upaya atau kegiatan menciptakan penyelenggaraan program Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal yang dapat dijadikan contoh oleh para penyelenggara program serupa di luar lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal.

Percontohan dapat bersifat menyeluruh, artinya setiap komponen dalam sistem penyelenggaraan program per contohan ter sebut merupakan contoh yang patut ditiru, dapat pula bersifat parsial, artinya hanya aspek/ komponen tertentu saja yang layak dijadikan contoh. Salah satu percontohan adalah Pembinaan Kursus dan Pelatihan (PKP). Adapun kriteria percontohan PKP, meliputi: (1) Memiliki instruktur/narasumber bersertifikat kompetensi (vokasi struktur); (2) Memiliki jaringan kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri; (3) Memiliki sarana prasarana pendidikan dan kewirausahaan yang layak untuk mendukung program percontohan Pembinaan Kursus dan Pelatihan.

Setiap lembaga wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.

Sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan program percontohan dipersyaratkan minimal sebagai berikut :

Ruang Belajar; minimal terdiri dari satu ruangan praktek dan satu ruangan teori dengan daya tampung ideal sesuai dengan jumlah peserta. Namun dapat dikondisikan dengan lokasi dan keadaan lingkungan peserta didik dengan pemahaman bahwa proses pembelajaran dapat berlangsung dan peserta didik mer a s a ny ama n dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Bengkel/Laboratorium Lapangan; (1) Sarana bengkel/ laboratorium/lapangan minimal sesuai dengan jumlah peserta didik dan atau jumlah kelompok pembelajaran; (2) Bahan dan alat telah tersedia dan dapat digunakan peserta dalam memenuhi keterampilannya sesuai kebutuhan pembelajaran yang dilakukan; (3) Alat dan bahan paraktek tersedia cukup; (4) Alat dan bahan layak dipergunakan; (5) Alat dan bahan disesuaikan dengan jenis keterampilan yang diselenggarakan; (6) Terdapat buku panduan penggunaan (buku praktek);

Indikator keberhasilan Program PKP meliputi : (1) Minimal 90 persen peserta didik menyelesaian program PKH/PM dengan tuntas dan memperoleh sertifikat kompetensi; (2) Minimal 75 persen peserta didik lulus, memiliki pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan; (3) Minimal 30 persen lulusan dapat bekerja pada DUDI atau berwirausaha/berusaha mandiri ; (4) Lembaga penyelenggara program percontohan dapat menjadi tempat rujukan kegiatan studi banding; (5) Adanya laporan penyelenggaraan program pembelajaran, laporan keuangan, dan kisah sukses (success story) program yang dapat dicontoh lembaga lain dalam menyelenggarakan program serupa.(*) sumber; kemdikbud (diolah)

Tags #percontohan #pkp #program