Kunjungan Lapangan bagi Warga Belajar

Rabu, 30 Oktober 2013 11:07:34 - Posting by redaksi - 806 views

Kunjungan lapangan adalah salah satu kegiatan warga belajar yang dilakukan dengan cara melihat kondisi lapangan yang terkait dengan kegiatan untuk menggali potensi usaha yang bisa dilakukan. Kunjungan plapangan bisa dilakukan di pasar, industri, maupun lembaga pelatihan yang memiliki berbagai bidang usaha.

Mengapa kunjungan lapangan dilakukan, hal ini dilakukan dalam rangka untuk memotivasi warga belajar dalam rangka menemukan berbagai peluang usaha/ide bisnis.

Dalam melakukan kunjungan lapangan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, antara lain adalah: (a) Warga belajar membentuk kelompok sesuai kebutuhan; (b) Jika kunjungan lapangan akan dilakukan di beberapa tempat secara serentak, maka kelompok dapat dibagi berdasarkan lokasi kunjungan; (c) Jika kunjungan lapangan dilakukan hanya ke satu atau dua lokasi berdekatan yang dapat dijangkau semua warga belajar secara berurutan, maka pembagian kelompok dapat didasarkan atas obyek kunjungan (misalnya aspek produksi, aspek marketing, aspek SDM, aspek keuangan dan aspek manajemen dan aspek lain yang dianggap perlu); (d) Kelompok tersebut bertanggung jawab dalam hal pengumpulan data, paparan diskusi dan penyusunan laporan sesuai dengan aspek yang menjadi tanggung jawabnya; (e) Setelah kelompok terbentuk, warga belajar membagi tugas kepada masing-masing individu anggota kelompok; dan (f) Warga belajar menyiapkan instrumen observasi atau daftar pertanyaan yang akan digunakan dalam kegiatan kunjungan lapangan.

 

Tempat Kunjungan Lapangan

a. Pasar; Kegiatan yang harus dilakukan warga belajar dalam kunjungan di pasar adalah mengamati usaha yang ada di pasar yang paling dianggap unik, memiliki nilai lebih dan bisa dikembangkan.

b. Industri; Kegiatan yang dilakukan warga belajar di tempat industri adalah mengamati proses produksi, laporan keuangan, manajeman pengelolaannya. Dari hasil pengamatan ni diharapkan warga belajar mampu melihat adanya peluang usaha yang bisa dikembangkan

c. Lembaga Pelatihan yang Memiliki Usaha Bervariasi; Kegiatan kunjungan lapangan bisa juga dilakukan di suatu lembaga pelatihan yang memiliki budang usaha bervariasi. Degan kunjungan lapangan ini diharakan warga belajar mampu melihat peluang usaha.

Hendaknya setelah dilakukan kunjungan lapangan, warga belajar menyusun hasil kunjungan lapangan secara kelompok dan kemudian dijadikan satu dalam

bentuk laporan kelas. Sebelum laporan dibuat, setiap kelompok memaparkan hasil kunjungan lapangan dalam diskusi kelas.

Laporan kegiatan kunjungan lapangani sekurang-kurangnya mencakup: (a) Identitas industri/perusahaan/pasar yang dikunjungi; (b) Profil Industri/perusahaan/pasar yang dikunjungi; (c) Gambaran singkat mengenai aspek-aspek bisnis; dan (d) Identifikasi peluang-peluang bisnis baru yang dapat dikembangkan.(*) sumber; kemdikbud (diolah)

Tags # #bagi #belajar #kunjungan #lapangan #warga