Manajemen Usaha Kecil bagi WB

Rabu, 23 Oktober 2013 12:12:51 - Posting by redaksi - 1022 views

Manajemen Usaha Kecil Warga Belajar bertujuan agar usaha yang dijalankan warga belajar tetap hidup dan berkembang .Tujuan itu dapat dicapai dengan cara mempertahankan dan meningkatkan laba. Laba dapat dipertahankan dan ditingkatkan dengan cara mempertahankan dan meningkatkan penjualan. Salah satu cara untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan adalah dengan meningkatkan kegiatan pemasaran secara insentif dan kontinyu.

Pemasaran merupakan kegiatan Usaha Kecil Warga Belajar di dalam membuat perencanaan, menentukan harga, produk, mendistribusikan barang dan jasa, serta promosi. Adapun proses pemasaran meliputi beberapa tahap yaitu

Tahap pertama adalah analisis kesempatan pasar dilakukan dengan cara warga belajar menganalisis peluang pasar yang relevan agar dapat digunakan untuk mencapai tujuannya. Tahap kedua penentuan pasar sasaran. Penentuan pasar sasaran yang akan dilayani oleh warga belajar.

Penentuan pasar sasaran ini sulit sekali, karena keinginan, kebutuhan kebiasaan dan reaksi kelompok konsumen adalah berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk dapat melayani kebutuhan dan keinginan konsumen, warga belajar harus menentukan segmentasi pasar dan menetapkan segmen pasar yang mana yang akan dilayani.

Tahap ketiga, menetapkan strategi persaingan pada pasar sasaran yang dilayani. Warga belajar harus menetapkan produk dan jasa apa yang akan ditawarkan pada pasar sasaran. Tahap keempat, mengembangkan sistem pemasaran. yang dapat menunjang tercapainya tujuan warga belajar dalam melayani pasar sasaran. Tahap kelima, mengembangkan rencana pemasaran. Rencana pemasaran ini sangat perlu karena keberhasilan usaha kecil warga belajar terletak pada kualitas rencana pemasaran yang bersifat jangka panjang dan jangka pendek. Rencana pemasaran dapat mengarahkan kegiatan pemasaran dalam mencapai pasar sasaran.

Komponen rencana pemasaran terdiri dari: (a) analisis situasi pasar, (b) tujuan dan sasaran pemasaran,dan (c) strategi pemasaran. Tahap keenam, adalah melaksanakan dan mengendalikan rencana pemasaran yang telah disusun. Berdasarkan penjelasan diatas, strategi pemasaran merupakan bagian dari perencanaan pemasaran yang dilakukan warga belajar

.Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan pleh warga belajar untuk mencapai tujuan pemasaran dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.

Segmentasi pasar yang efektif harus memenuhi kriteria dan syarat sebagai berikut: (a)  Dapat di ukur daya belinya; (b) Dapat dijangkau, baik lokasi maupun komunikasinya sehingga dapat dilayani secara efektif; (c) Cukup besar dan menguntungkan. Suatu kelompok konsumen akan pantas disebut segmen, jika kelompok tersebut cukup besar dan menguntungkan; (d) Dapat dilaksanakan sehingga semua program yang disusun dapat efektif; (e) Dapat dibedakan. Segmen-segmen dapat dibedakan secara konseptual dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen elemen dan program-program bauran pemasaran yang berlainan. sumber: Kemdikbud (diolah)

Tags # #bagi #kecil #manajemen #usaha #wb