Mengurus Nilem PKBM

Kamis, 10 Oktober 2013 12:21:00 - Posting by redaksi - 2533 views

PKBM di seluruh Indonesia, sejumlah 6.554 unit pada tahun 2011, yang tersebar di 33 Provinsi. Seiring dengan meningkatnya jumlah minat dan kebutuhan warga masyarakat yang membutuhkan program pendidikan nonformal, diharapkan terbentuk PKBM di seluruh Kecamatan pada tingkat Kabupaten/Kota. Untuk itu, perlu dilakukan pembinaan terhadap PKBM agar layanan program pendidikan nonformal yang diselenggarakannya dapat berjalan optimal dan berkualitas baik.

Kesadaran atas peran dan fungsi PKBM sebagai penyelenggara program pendidikan nonformal serta keinginan untuk selalu meningkatkan kinerjanya, dipandang perlu upaya peningkatan mutu kelembagaan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan nonformal kepada masyarakat. Dengan demikian, untuk meningkatkan mutu dan penjaminan kualitas pelaksanaan PKBM, maka disusun Nomor Induk Lembaga (NILEM) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Nomor Induk Lembaga (NILEM) PKBM adalah nomor induk yang diberikan kepada lembaga PKBM sebagai identitas atas statusnya sebagai lembaga penyelenggara program PNFI dengan cara penomoran yang disusun secara berurut berdasarkan tempat dimana lembaga tersebut berada (Nasional, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan), dan status terakreditasi atau belum terakreditasi.

Penerbitan NILEM PKBM online merupakan bagian dari upaya pemenuhan kebutuhan data lembaga sebagai bahan perencanaan, kebijakan, dan pembinaan. Selain itu, Penerbitan sistem pendataan lembaga ini merupakan upaya untuk mengantisipasi munculnya lembaga yang tidak Jelas atau tidak memiliki izin dan lembaga yang bersifat reaktif.

Syarat Pengajuan NILEM; (1) minimal lembaga sudah berjalan 2 tahun; (2) memiliki akta notaris; (3) memiliki ijin operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota; (4) memiliki NPWP atas nama lembaga; (5) memiliki Nomor Rekening atas nama lembaga; (6) minimal menyelenggarakan 3 kegiatan pendidikan nonformal; (7) memiliki tempat/kesekretariatan yang dibuktikan: a. ijin domisili atau b. fotocopy PBB/rekening listrik atau c. surat pernyataan pinjam/sewa/hak guna pakai

Hasil yang diharapkan melalui Penerbitan NILEM PKBM Online ini adalah: (1) Diperolehnya data dan profil PKBM di seluruh Indonesia secara cepat, tepat, dan akurat; (2) Termotivasinya pengelola PKBM untuk mengelola lembaganya secara tertib dan teratur sesuai hukum yang berlaku; (3) Meningkatnya tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik PKBM dalam penyelenggaraan program-program pendidikan nonformal dan program pemberdayaan masyarakat lainnya

Setiap lembaga PKBM yang akan mengajukan Nomor Induk Lembaga (NILEM) PKBM, harus memiliki akun e-mail lembaga sebagai syarat untuk dapat mendaftar dan masuk ke aplikasi, selanjutnya melakukan pengisian instrumen secara online dalam aplikasi NILEM PKBM dalam format yang telah disediakan dan melengkapi data/dokumen yang diperlukan sesuai dengan petunjuk pengisian instrumen pendataan

Bila mengalami kesulitan dalam mengakses aplikasi NILEM PKBM silahkan menghubungi Subdit Kelembagaan dan Kemitraan di nomor telepon 021-5725502 atau melalui email ke nilempkbm@gmail.com. (*) sumber; kemdikbud (diolah)

Tags # #mengurus #nilem #pkbm