Standar Sarana PKBM

Rabu, 11 September 2013 11:21:08 - Posting by redaksi - 1373 views

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah satuan pendidikan nonformal memiliki fungsi menyelenggarakan layanan pembelajaran kepada masyarakat di bidang pendidikan nonformal. PKBM dibentuk secara swadaya atas dasar “prakarsa/dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat”. Keberadaan PKBM ditunjang dengan adanya sarana yang memadai. 

Sarana PKBM merupakan fasilitas minimal yang dibutuhkan untuk mendukung berfungsinya layanan pembelajaran pendidikan nonformal di PKBM. Layanan pendidikan nonformal di PKBM antara lain: (i) pendidikan keaksaraan, (2) pengembangan budaya baca masyarakat, (3) pendidikan pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, (4) pendidikan kepemudaan, (5) pendidikan keorangtuaan, (6) pengarusutamaan gender (PUG) bidang pendidikan.

Setiap PKBM idealnya dapat memenuni dan menyediakan standar minimal sarana dan prasarana yang diperlukan. Kenyataan menunjukkan bahwa masih banyak PKBM yang belum memiliki sarana yang memadai, baik dalam jenis, jumlah, maupun kelaikannya. Sarana PKBM ini merupakan upaya untuk memenuhi sebagian dari kebutuhan PKBM untuk dapat memberikan layanan yang baik dalam pembelajaran kepada masyarakat. Penyediaan sarana PKBM ini diharapkan akan memberikan peningkatan:

a. layanan pembelajaran kepada peserta didik dan masyarakat yang lebih memadai;

b. iklim pembelajaran yang lebih kondusif dan lebih interaktif;

c. semangat tenaga pendidik dan kependidikan penyelenggara pendidikan masyarakat dalam memberikan layanan belajar;

d. meningkatnya motivasi belajar masyarakat;

e. terwujudnya masyarakat pembelajar sepanjang hayat.

Komponen sarana PKBM dapat diklasfi kasikan sebagai berikut:

a. Sarana Sekretariat/administrasi kantor

Peralatan/perlengkapan kantor (Offi ce Supplies): Adalah alat atau bahan yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan kantor, sehingga menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan selesai lebih cepat, lebih tepat dan lebih baik. Peralatan/perlengkapan kantor dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu:

a) Peralatan perlengkapan kantor dilihat dari bentuknya; (1) Peralatan kantor berbentuk lembaran (berbagai jenis kertas, map, amplop dll); (2) Peralatan/perlengkapan berbentuk non lembaran (stapler, perforator, binder clip, sandaran buku, bantalan stempel, ordner, gunting, pemotong kertas dll.); (3) Peralatan/perlengkapan kantor dilihat dari penggunaannya, seperti: (1) Barang habis pakai adalah barang yang penggunaanya hanya satu/beberapa kali pakai atau tidak tahan lama. Contoh: kertas, tinta, karbon, staples, pulpen, pensil dll., (2) Barang tidak habis pakai adalah barang/benda kantor yang penggunaannya tahan lama contoh: stapler, perforator, cutter dan gunting, dll. 

b) Peralatan/perlengkapan kantor berbentuk buku, seperti: buku agenda surat masuk dan surat keluar, buku induk peserta didik, buku data tutor dan nara sumber teknis, presensi tutor mengajar, buku laporan kemajuan warga belajar, buku tamu, buku ekspedisi, buku inventaris, buku kas, buku leger, buku data usaha, buku catatan keuangan, dll.

Mesin-mesin kantor (Office Mechine) adalah alat yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, mengolah bahan-bahan keterangan dalam pekerjaan kantor yang bekerja secara mekanik, elektrik, dan magnetik. Contoh: komputer, laptop, LCD Projector (Liquid Crystal Display), mesin tik, mesin fotokopi, mesin penghancur kertas (paper shreeder), scanner, mesin presensi. 3) Mesin Komunikasi Kantor Mesin komunikasi kantor adalah sarana kantor yang digunakan untuk melakukan komunikasi, baik di lingkungan organisasi sendiri maupun ke luar organisasi. Contoh: telepon, interkom, faksimili, dan pesawat telepon, dll.

Perabot Kantor (Office Furniture); adalah benda-benda kantor yang terbuat dari bahan dasar kayu atau besi untuk membantu pelaksanaan tugas pekerjaan kantor. Contoh: Meja, kursi, sofa (meja dan kursi untuk tamu) rak buku, lemari, fi ling cabinet, papan tulis, brangkas/cash box, tempat majalah/koran meja resepsionis, papan data, papan nama, papan pengumuman, dan sebagainya.(*) sumber: kemdikbud (diolah)

Tags #pkbm #sarana #standar