Pendidikan Life Skill Perempuan

Kamis, 5 September 2013 11:05:32 - Posting by redaksi - 1091 views

Pendidikan kecakapan hidup perempuan merupakan tindakan pembelajaran yang berpihak (affirmative action) terhadap peningkatan kemampuan kecakapan hidup meliputi kecakapan personal, sosial, intelektual, dan vokasional berkaitan dengan pendidikan karakter dalam keluarga, kesehatan ibu dan anak, keterampilan mengolah dan mendayagunakan sumber daya lokal yang memberikan nilai tambah pada kemandirian dan kehidupan keluarga.

Pendidikan kecakapan hidup perempuan dilakukan dalam bentuk pembelajaran dan/atau pelatihan, serta pendampingan. Tahapan kegiatan pendidikan kecakapan hidup perempuan sekurangkurangnya, meliputi:

Persiapan; (a) Mendeskripsikan jenis materi atau usaha dengan jelas dan rasional sesuai dengan potensi dan kebutuhan peserta didik; (b) Pemetaan sumber daya tutor/fasilitator/tenaga teknis lainnya yang kompeten sesuai dengan jenis usaha yang akan dikembangkan; (c) Penyiapan rencana dan jadwal kegiatan yang dituangkan dalam Acuan Pelaksanaan; (d) d. Sosialisasi dan koordinasi pelaksanaan kegiatan.

Pelaksanaan; (a) Pembelajaran pendidikan kecakapan hidup perempuan dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran dan/atau pelatihan serta pendampingan untuk meningkatkan kecakapan personal, sosial, dan keterampilan vokasional bagi para perempuan; (b) Kegiatan pembelajaran dan/atau pelatihan dilakukan sekurang-kurangnya setara dengan 66 jam pelajaran dan pendampingan dilaksanakan sekurang-kurangnya 2 (dua) bulan setelah pembelajaran selesai. Pendampingan diarahkan pada upaya mempraktekkan hasil pembelajaran dalam sebuah kelompok usaha ekonomi dan/atau gerakan pemberdayaan perempuan lainnya; 

Materi pembelajaran sekurang-kurangnya mencakup: 

Kecakapan Personal dan Sosial, diantaranya meliputi: Keterampilan berkomunikasi; Etika/budi pekerti dan keteladanan; Keterampilan mengambil keputusan; Kesehatan ibu dan anak serta lansia; Bahaya Narkoba dan HIV/AIDS; Kerukuntetanggaan dan perdamaian; Peduli/pelestarian lingkungan; Kecakapan berkeaksaraan; Kecakapan mengatur keuangan rumah tangga

Kecakapan Vokasional; dilatihkan dengan memperhatikan peluang pasar, bahan produksi yang mudah diperoleh dan berbasis potensi lokal. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah andragogi atau pendekatan pendidikan orang dewasa yang dicirikan mengutamakan pengalaman peserta didik.

Peserta didik yang telah menyelesaikan program pembelajaran akan diberikan modal usaha yang digunakan dalam sebuah kelompok usaha. Pasca pembelajaran dan/atau pelatihan, dilakukan pendampingan oleh tutor/ nara sumber/pendamping/pengelola. Pendampingan pengelolaan inkubator bisnis dilaksanakan sekurang-kurangnya 2 (dua) bulan atau setara dengan 16 jam. 

Bentuk pendampingan melalui pendekatan kelompok dan pemantauan ke tempat usaha/pengorganisasian gerakan pemberdayan perempuan. Pendampingan dapat dilakukan oleh tutor/fasilitaor/ penyelenggara atau mitra usaha/narasumber teknis yang memiliki kompetensi pada bidang usaha yang akan/sedang dikembangkan. 

Pendampingan dapat dilakukan dengan cara, antara lain: (1) Memberikan layanan konsultasi kesehatan dan psikologis secara berkelanjutan. (2) Memfasilitasi terbentuknya forum atau kegiatan bersama, misalnya kelompok usaha, pemeriksanaan kesehatan, dan lainnya. (3) Memberikan fasilitasi untuk memasarkan hasil-hasil karya peserta didik, baik untuk kepentingan ekonomi maupun aktualisasi. (4) Pengorganisasian gerakan perempuan, misalnya dalam bentuk paguyuban perempuan peduli lingkungan, kelompok perempuan pengrajin rajut, dan lain sebagainya.(*) sumber: kemdikbud (diolah) 

Tags #life #pendidikan #perempuan #skill